Pengaruh Model Discovery Learning Berbantukan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi

MULKI RAMADHANI (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantukan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Mulki Ramadhani, (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing : Sarintan N. Kaharu S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar IPAS menggunakan model Discovery Learning berbantuan media video. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi tahun ajar 2024 yang berjumlah 43 siswa, 22 siswa dari kelas eksperimen dan 21 siswa dari kelas control. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes soal-soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Paired Sampel T-Test dengan berbantuan SPSS Statistic 26. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya H? diterima dan H? ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas IV SD Inpres 1 Tanamodindi.
Kata kunci : Discovery Learning, media video, dan hasil belajar IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127900
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item