Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Media Mind Mapping Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo

DESRI (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Media Mind Mapping Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Desri Makaaso, 2024. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar
IPAS Berbantuan Media Mind Mapping Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurul Fitriah
Aras.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel adalah siswa kelas IV-A 28 orang dan IVB 27 orang siswa.Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Proposiv
Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan lembar
obsevasi guru dan siswa serta hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan
adalah statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan penggunaan model discovery learning berbantuan
mind mapping sangat baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS yang mana pada hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikaan
5% yaitu 0,000 < 0,05% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan
bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan
mind mapping dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo.
Kata kunci : Model Discovery Learning, Pembelajaran IPAS, Media Mind Mapping
Siswa SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127901
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item