Pengaruh Model Disvovery Learning Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN Tondo

RISKA ANANDA (2024) Pengaruh Model Disvovery Learning Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Riska Ananda, (A40119006) 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery
learning menggunakan metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Saritan N. Kaharu, S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran
Discovery learning menggunakan metode Eksperimen terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tondo. Desain metode
eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control
group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tondo
yang berjumlah 52 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa
kelas kontrol berjumlah 26 orang. Pengambilan data yang dilakukan
menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis dengan berbantukan SPSS Statistic Versi 25.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05
maka menerima hipotesis Ha dan menolak HO, artinya model pembelajaran
Discovery learning dengan menggunakan metode Eksperimen berpengaruh dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri
Tondo.
Kata kunci: Discovery learning , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127904
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item