PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU

YUNI WULANDARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuni Wulandari, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koordinat Kartesius di Kelas VIII SMP
Negeri Model Terpadu Madani Palu. Program Studi Pendidikan Matematika,
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Bakri M.
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan adanya pengaruh model
pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada materi
koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment dengan desain penelitian
Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas VIII Suratin sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 orang dan
siswa kelas VIII Ki Hajar sebagai kelas kontrol sebanyak 28 orang. Pengujian data
hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t satu pihak dengan uji prasyarat
yaitu uji normalitas, dan homogenitas. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelas
eksperimen nilai ????1? adalah 81,82 dengan stantar deviasi = 6,71 sedangkan pada
kelas kontrol nilai ?????2 adalah 71 dengan standar deviasi = 10,75. Hasil dari pengujian
hipotesis diperoleh thitung =17,17, dan ttabel = 1,67 yang berarti thitung > ttabel yaitu 17,
17 > 1,67 dengan taraf signifikan (????=0,05) dan derajat kebebasan = 54. Hasil
tersebut menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Active Knowledge Sharing berpengaruh
lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (Direct instruction)
terhadap hasil belajar siswa pada materi koordinat kartesius.
Kata kunci : Active Knowledge Sharing, Direct Instruction, Belajar, Hasil Belajar,
dan Koordinat Kartesius.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127916
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item