PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORI INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN POSO PESISIR

NUR AIN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORI INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN POSO PESISIR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nur Ain. 2019. Pengaruh model pembelajaran Auditori Intelectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Poso Pesisir. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. pembimbing : Kamaluddin.

Kata Kunci :Model pembelajaran Auditori Intelectually Repetition (AIR), Kemampuan Berpikir Kritis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory Intelectually Repetition) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Poso Pesisir. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain Prates-Pascates yang tidak Ekuivalen (the non equivalen, Pretest Postest Design). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes esai berjumlah 5 nomor soal. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol adalah 5,40 dengan standar deviasi 2,09, untuk rerata skor posttest adalah 6,48 dengan standar deviasi 2,35. Untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor pretest 5,50 dengan standar deviasi 2,26, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 9,57 dengan standar deviasi 2,80. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistic uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor kemampuan berpikir kritis siswa dengan taraf signifikan ? = 0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 4,92 dan ttabel = t0,975(51) = 2,02. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajran pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN Poso Pesisir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127919
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item