PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG OSMOSIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU

DIANTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG OSMOSIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Dianti, 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based
Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Osmosis Di Kelas VIII SMP
Negeri 1 Bolano Lambunu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Amran Rede
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model
pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) terhadap hasil belajar pada
aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa tentang osmosis di kelas VIII SMP
Negeri 1 Bolano Lambunu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen semu (Quasi experimental), yakni dengan menggunakan desain
control group posttest-only design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A
sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis
proyek (Project based learning) dan kelas VIII B sebagai kelas
pembanding/kontrol dengan menggunakan model pembelajaran discovery
learning. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada aspek kognitif dibuktikan
dengan memberikan posttest diakhir pembelajaran dengan perolehan kelas
eksperimen sebesar 79,62 dan kelas pembanding 74,69. Pada aspek afektif dan
psikomotor dilakukan dengan menghitung persentase dari lembar observasi siswa.
Pada aspek afektif kelas eksperimen sebesar 84,77 dan kelas pembanding sebesar
78,75. Pada aspek psikomor kelas eksperimen sebesar 86.85 dan kelas
pembanding 79,79. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase nilai ratarata
hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 83 dan kelas
pembanding yaitu sebesar 77. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
berbasis proyek (Project based learning) memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa tentang osmosis di kelas VIII SMP Negeri 1 Bolano
Lambunu.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Osmosis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127926
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item