PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU

TIARA FAUZIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tiara Fauzia, (2024). Pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Program Studi
Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I
Gustina, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Wahyuni N. Laratu, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik
kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian adalah Quasi-ekperimental, dengan
desain penelitian adalah nonequivalent pretest-posttest group design. Sampel
penelitian ini sebanyak 36 orang peserta didik kelas ekperimen dan 36 orang peserta
didik kelas kontrol. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brain based
learning terhadap kemampuan berpikir kritis dilakukan tes uraian berjumlah 6 soal.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji
homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
hasil posttest kelas ekperimen sebesar 85,50 dan kelas kontrol sebesar 71,06. Uji
Normalitas posttest kelas ekperimen diketahui nilai sig sebesar 0,091 > 0,05 dan
kelas kontrol nilai sig sebesar 0,077 > 0,05. Uji homogenitas kelas posttest yaitu
diketahui nilai signifikansi (sig) sebesar 0,241 > 0,05. Uji Hipotesis (Uji-t) kelas
posttest nilai sig (2-sided prob) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa Ho ditolak dan H1 di terima. Artinya ada pengaruh model pembelajaran brain
based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dan Uji effect size
diperoleh sebesar 2,61 dengan kategori efek sangat besar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Brain Based Learning, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127928
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item