DIAN WAHYUNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISIWA PADA MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD INPRES LAWUA 1. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada matematika materi bangun ruang kelas V SD Inpres Lawua 1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design dengan bentuk control group pre-test post-test design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Lawua 1 yang berjumlah 25 orang. Kelas eksperimen berjumlah 13 orang dan kelas control berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrument berupa soal pilihan ganda, analisis data menggunakan uji Paired Sampel T-test dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil uji t menggunakan uji Paire Sampel T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 0,05. Maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, artinya model pembelajaran CTL pada materi bangun ruang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lawua 1.
Kata kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Materi bangun ruang, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127933 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |