Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi

GARY JINIARD SUNARDI (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi serta desain penelitian dengan rancangan pretest-posttest yang ekuivalen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi, dengan sampel penelitian yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa tes tertulis yang terdiri dari 6 butir soal essay mengenai materi usaha dan energi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rata-rata skor posttest untuk kelas eksperimen yaitu 46,86 dengan standar deviasi sebesar 4,75. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata skor posttest yaitu 44,00 dengan standar deviasi sebesar 4,78. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda rata-rata atau uji t (dua pihak) dengan taraf signifikasi ? = 0,05, sehingga diperoleh nilai thitung = 1,97 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel atau 1,97 > 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung berada diluar penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Sigi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127948
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item