PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SARUDU

WIDYAWATI IKSAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SARUDU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Widyawati Iksan, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Sarudu Kabupaten Pasangkayu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zumrotin Nisa, S.Pd.,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DLPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sarudu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan sampel pada kelas XI IPS A berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPS B berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan nilai yang diperoleh setelah diuji terdapat perbedaan yaitu nilai rata-rata Post-test kelas kontrol 67.80 dan kelas eksperimen 83.65 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Geografi terhadap tingkat berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sarudu Kabupaten Pasangkayu.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Pelajaran Geografi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127953
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item