PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI MA AL IZZAH AL AS’ADIYAH TOLAI

SUKMA RANIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI MA AL IZZAH AL AS’ADIYAH TOLAI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Sukma Rania, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided inquiry) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MA Al Izzah Al As’adiyah Tolai. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Gustina, S.Pd,. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided inquiry) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MA Al izzah Al as’adiyah Tolai. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan The equivalen preetest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al izzah Al As’adiyah Tolai. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penelitian kelas X B (n=29) sebagai kelas eksperimen dan kelas X C (n=29) sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 20,81 dari skor maksimal sebesar 25,00 dan kelas kontrol sebesar 17,88 dari skor maksimal sebesar 22,00 . Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak. Hasil analisis diperoleh nilai thitung = 3,70. Nilai ttabel = t (0,05)(56) = 1,67 pada taraf nyata = 0,05. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan dengan demikian diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided inquiry) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika Siswa kelas X di MA Al Izzah Al As’adiyah Tolai.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif, dan Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127967
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item