PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBANTUAN ALAT SAINS PUZZLE LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MAN IC KOTA PALU

EKA DEWI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBANTUAN ALAT SAINS PUZZLE LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MAN IC KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Eka Dewi, A 202 19 014. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Berbantuan Alat Sains Puzzle Listrik Dinamis Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MAN IC Kota Palu . Tesis, Program Studi Pendidikan Sains Program Magister, Pascasarjana Universitas Tadulako.
Pembimbing (1): Sahrul Saehana. Pembimbing (II): I Komang Werdhiana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Inquiri Berbantuan Alat Sains Puzzle Listrik Dinamis Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi-experiment dengan bentuk desain eksperimen control group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas XII IPA MAN IC Kota Palu. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas XII IPA Al-Qalam sebagai kelas Eksperimen dan kelas XII IPA Al-Furqan sebagai kelas Kontrol pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan data menggunakan tes instrumen keterampilan berpikir kreatif. Instrumen penelitian berupa tes essai sebanyak 5 soal . Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 25.0 for windows pada uji normalitas, homogenitas dan Uji N- gain. Data hasil belajar kedua kelas tersebut terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas kontrol 39.2 dan 70.7 sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen 49.0 dan 80.2. Analisis data menggunakan uji t diperoleh data thitung sebesar 2.439, sedangkan ttabel sebesar 2.009 atau thitung > ttabel dan signifikansinya (0.018) < 0> sebesar 0.64 atau berada pada kategori sedang adapun pada kelas kontrol memperoleh nilai <g> sebesar 0.51 atau berada dalam kategori sedang.

Kata Kunci: Pembelajaran Inquiri , Alat Sains Puzzle Listrik Dinamis , Keterampilan Berpikir Kreatif .

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127985
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item