PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA TENTANG BIOLOGI DI SMAN 1 BUNOBOGU

SRI NANDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA TENTANG BIOLOGI DI SMAN 1 BUNOBOGU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Sri Nanda, 2022. “Pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis HOTS (Higher Order Thinking skills) terhadap keterampilan berfikir kritis siswa tentang biologi di SMAN 1 Bunobogu “. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Lilies Tangge.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills )terhadap keterampilan berfikir kritis siswa tentang biologi di SMAN 1 Bunobogu. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi experimental ), yakni dengan menggunakan desain control group posttest-only design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas XI IPA 2 menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hasil belajar yang diperoleh siswa dengan memberikan posttest diakhir pembelajaran dengan persentase nilai rata-rata kelas eksperimen 80,7 dengan standar deviasi 18,91 dan persentase nilai rata-rata pada kelas kontrol/pembanding 57 dengan nilai standar deviasi 26,3. Maka dilakukan uji hipotesis diketahui nilai ttabel = 1,99 dan thitung= 4,16 untuk nilai sig = 0,000 dengan menggunakan bantuan program SPSS-25 diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiri berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills ) berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa tentang biologi di SMAN 1 Bunobogu.
Kata kunci : Model pembelajaran, inquiry, HOTS, Berfikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127986
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item