ZAINAB (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 PALU PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 PALU. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 210 orang dan terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara purposive sampling bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki hasil belajar yang sama. Setelah diberikan pretest maka nilai rata-rata yang lebih rendah akan dijadikan kelas eksperimen, sedangkan nilai rata-rata yang lebih tinggi akan dijadikan kelas kontrol. Sehingga yang dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu MIA 1 (n=30) dan sebagai kelas kontrol kelas XI MIA 6 (n=28) . Hasil analisa data deskriptif yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai adalah 54,16 dengan standar deviasi = 15,02, sementara pada kelas kontrol nilai adalah 46,17 dengan standar deviasi= 13,52. Hasil analisa data inferensial diperoleh nilai thitung>ttabel,2,12>1,67 dengan taraf signifikansi (?=0,05) dan derajat kebebasan= 56. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Palu yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas XI IPA SMAN 2 Palu yang diajarkan dengan model pembelajaran direct interaction pada materi larutan asam basa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry, Larutan, Asam, Basa, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127990 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |