PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PKn SISWA KELAS II SD INPRES 1 TALISE

JEFRI FREDOLIN TAPE (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PKn SISWA KELAS II SD INPRES 1 TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

JEFRI FREDOLIN TAPE, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual
(CTL) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar PKn Siswa Kelas
II SD Inpres 1 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Nurul Kami Sani,
S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan
model pembelajaran kontekstual (CTL) berbantuan media audio visual berpengaruh
pada minat belajar PKn siswa kelas II SD Inpres 1 Talise. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas II SDN Inpres 1 Talise. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel
bebas, yaitu penggunaan model pembelajaran kontekstual (CTL) yang didukung
oleh media audio visual serta variabel terikat yaitu minat belajar siswa.
Pengumpulan data menggunakan intrument tes berupa lembar angket minat belajar,
lembar observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi digunakan
untuk mengumpulkan data sedangkan instrument tes digunakan sebagai data
pendukung dalam penelitian untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran telah
tercapai dan siswa memahami konsep yang diajarkan. Dari hasil penelitian
diketahui uji bahwa model pembelajaran kontekstual (CTL) berbantuan media
audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa, Hal ini diperoleh berdasarkan
uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 0,001<0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha)
diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/127992
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item