Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 2 Birobuli

RAHMADANI (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 2 Birobuli. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmadani, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered
Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Inpres 2 Birobuli. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing: Nashrullah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan
media audio visual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV
SD Inpres 2 Birobuli tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 38 siswa, 20 siswa
dari kelas eksperimen dan 18 siswa dari kelas kontrol. Pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dilakukan menggunakan
tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan
uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengguakan analisis paired
sampel t test dengan berbantukan SPSS Statistic Versi 29. Hasil pengujian
hipotesis menunjukan bahwa nilai sig yaitu 0,001 atau nilai sig < dari taraf yang
ditetapkan yaitu 0,05 (0,001 < 0,05), artinya H? diterima dan H? ditolak. Sehingga,
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
numbered head together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres 2 Birobuli.

Kata kunci: Numbered head together, media audio visual, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128007
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item