NUR AFIFAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDN 3 SIRENJA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nur Afifa, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered
Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Sirenja. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing Arif Firmansyah,
S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terrhadap hasil belajar
PKn Siswa kelas IV SDN 3 Sirenja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT)
terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 3 Sirenja. Penelitian ini menggunakan
metode kooperatif jumlah sampel dalam penelitian ini, seluru siswa kelas IV yang
berjumlah 15 orang siswa, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
tes observasi dan dokumentasi data yang dikumpulkan selanjutnya di analisis dengan
menggunakan uji-t dari hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar
siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 55,67 dan setelah diberikan perlakuan
adalah 77,67. Hal ini menunjukan bahwa adanya kenaikan hasil belajar siswa.
Perolehan nilai tersebut jika dimasukan kedalam uji nilai statistik t-score maka
diperoleh niilai thitung 3,115 jika nilai thitung ini dikonsultasikan ke ttabel dengan
jumlah subjek penelitian 15 orang siswa dan menggunakan taraf signifikan 5%
(?=0,05) maka diperoleh nilai ttabel 1,761 terlihat bahwa thitung lebih besar dari pada
ttabel atau 7,062 > 1,761. Dengan demikian maka Ho di tolak dan Ha diterima yang
berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran PKn sebelum
diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran tipe NHT atau dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
kooperatf tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa
Kelas IV SDN 3 Sirenja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128009 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |