Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tobata.

HESTI LONDONG PADANG (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dimana kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes essai yang telah divalidasi. Persentase rata-rata keterampilan berpikir kreatif yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together adalah 67,35% yang berkriteria kreatif dan presentase rata-rata yang mengikuti pembelajaran konvensional adalah 63,39% yang berkriteria kreatif. Hasil perhitungan statistik dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga thitung sebesar 0,90 dan ttabel 2,00 pada taraf signifikansi 5?n dk = 72. Disimpulkan bahawa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata.
?
Kata Kunci : Kooperatif Tipe NHT, Keterampilan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128010
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item