Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko

NIKITA YULINDA (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nikita Yulinda. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Lilies Tangge, Pembimbing (II) Ratman.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko dengan jumlah total 40 orang siswa dan menggunakan sampel seluruh siswa berjumlah 40 orang dari dua kelas yaitu kelas VA dan kelas VB. Dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan ganda. Hasil pengolahan data kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 9,4 dengan standar deviasi 2,38 dan skor rata-rata posstest sebesar 15,8 dengan standar deviasi 2,72. Sedangkan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 9,7 dengan standar deviasi 2,09 dan skor rata-rata posstest sebesar 13,2 dengan standar deviasi 2,36. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 3,55 dan nilai ttabel adalah 2,02 dengan jumlah sampel 40 siswa. Kedua nilai tersebut diketahui bahwa nilai thitung > nilai ttabel pada taraf nyata ? = 0,05 dan derajat kebebasan = 38. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Inpres 1 Kayumalue Pajeko.

Kata Kunci : Model, kooperatif, STAD, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128024
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item