ZULAIKHA MUFIDA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Zulaikha Muf’ida, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: Muslimin.
Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 9 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan The equivalen Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XA sebagai kelas eksperimen, dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal dan telah divalidasi. Skor rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebesar 87.43 dengan standar deviasi sebesar 10.07, sedangkan skor rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol sebesar 71.69 dengan standar deviasi sebesar 11.38. Pengujian data hasil belajar menggunakan uji-t dua pihak pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 52, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan statistik diperoleh harga thitung sebesar 5,39 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 52 adalah 2,01. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar fisika kelas X SMA Negeri 9 Palu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128040 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |