Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SMAN 1 Bulutaba

DEWI YULIANA SUMBUNG (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SMAN 1 Bulutaba. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-
Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) terhadap peningkatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) di SMAN 1 Bulutaba. Penelitian ini
menggunakan quasi-eksperiment dengan desain control group pretest-posttest.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dengan sampel penelitian yang terdiri
dari 27 siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas X5 sebagai kelas
eksperimen. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 0,05 pada aplikasi SPSS 25
untuk uji t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,021. Nilai Sig.(2-tailed) 0,05
artinya Ha diterima. Penelitian ini menggunakan uji N-Gain untuk melihat
peningkatan atas perlakuan yang sudah dilaksanakan pada kedua kelompok
tersebut. hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan nilai kelas eksperimen sebesar
65,37% termasuk kriteria cukup efektif dan kelas kontrol sebesar 53,10% termasuk
kriteria kurang efektif. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran fisika
menggunakan strategi pembelajaran PDEODE dan pembelajaran konvesional
untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi usaha dan energi, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PDEODE yang cukup
efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas
X SMA Negeri 1 Bulutaba.
KataKunci: KemampuanBerpikirTingkatTinggi(HOTS),ModelPembelajaran
PDEODE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128054
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item