DEWI YULIANA SUMBUNG (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SMAN 1 Bulutaba. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-
Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) terhadap peningkatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) di SMAN 1 Bulutaba. Penelitian ini
menggunakan quasi-eksperiment dengan desain control group pretest-posttest.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dengan sampel penelitian yang terdiri
dari 27 siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas X5 sebagai kelas
eksperimen. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 0,05 pada aplikasi SPSS 25
untuk uji t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,021. Nilai Sig.(2-tailed) 0,05
artinya Ha diterima. Penelitian ini menggunakan uji N-Gain untuk melihat
peningkatan atas perlakuan yang sudah dilaksanakan pada kedua kelompok
tersebut. hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan nilai kelas eksperimen sebesar
65,37% termasuk kriteria cukup efektif dan kelas kontrol sebesar 53,10% termasuk
kriteria kurang efektif. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran fisika
menggunakan strategi pembelajaran PDEODE dan pembelajaran konvesional
untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi usaha dan energi, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PDEODE yang cukup
efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas
X SMA Negeri 1 Bulutaba.
KataKunci: KemampuanBerpikirTingkatTinggi(HOTS),ModelPembelajaran
PDEODE
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128054 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |