PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN INPRES 7 LABUAN BARU

AMELIA CITRA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN INPRES 7 LABUAN BARU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Amelia Citra, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) Menggunakan Teknik Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung
Perkalian Siswa Kelas IV SD Inpres 7 Labuan Baru. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sisriawan Lapasere, S.Pd,
M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning dan teknik jarimatika terhadap kemampuan berhitung
perkalian siswa kelas IV SD Inpres 7 Labuan Baru. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis desain yaitu Quasi Eksperimental dengan bentuk
desain Nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas IVA
sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang
digunakan adalah soal essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis
data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian
hipotesis menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM
SPSS statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-
tailed) 0,000 < nilai alpha 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima
hipotesis Ha dan menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning dan teknik jarimatika terhadap
peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV SD Inpres 7 Labuan
Baru.
Kata Kunci : Pengaruh, Model pembelajaran Problem Based Learning dan Teknik
Jarimatika, Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128057
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item