FADJRIA NURHALIS (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMA NEGERI 8 PALU PADA MATERI REDOKS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Fadjria Nurhalis, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning
(PBL) Terintegrasi High Order Thingking Skil (HOTS) Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatifitas Sains Siswa SMA Negeri 8 Palu Pada
Materi Redoks.
Pembimbing (1): Hj. Siti Nuryanti. Pembimbing (2): Jamaluddin Sakung.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi High Order Thingking Skil (HOTS)
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatifitas Sains Siswa SMA Negeri 8
Palu Pada Materi Redoks dan besar pengaruh model Pembelajaran Problem Based
Learning
(PBL) Terintegrasi High Order Thingking Skil (HOTS) Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Negeri 8 Palu Pada Materi
Redoks. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian kuantitatif yang bersifat
eksperimen kuasi dengan desain penelitian non equivalent one group pretest-posttest
design dengan satu variable bebas yaitu model pembelajaran PBL dan dua variable
terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan kreatifitas sains. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA 8 Palu yang berjumlah 64
orang. Penentuan sampel berdasarkan purposive Sampling kelas yang dipilih sebagai
kelas sampel adalah X IPA 1 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan
X IPA 2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan data
menggunakan instrument tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi
kreatifitas Sains. Uji Hipotesis dengan uji regresi logistic. Hasil Uji untuk
kemampuan berpikir kritis siswa menunjukan nilai Nagelkerke R Square signifikansi
0,690 > 0,05 dengan F-hitung 0.365 > F-Tabel yaitu 54,572. Hasil Analisis kreatif kelas
eskperimen meningkat dari 33,75 , 35,62 dan 38,43 setiap pertemuan. Sedangkan di
kelas konntrol kreatifnya dari 33,43, 36,43 dan 36,87 setiap pertemuan. Hasil
Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran PBL
terintegrasi HOTS setelah diberikan tes dan juga terdapat pegaruh kreatifitas sains
setelah diamati dengan lembar obsevasi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128059 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |