PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PALU

ARHAM ARISKI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Arham Ariski, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Teknik Clustering Terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Muslimin, M.Si.

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL) , Clustering, Pemahaman Konsep, Usaha dan Energi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan teknik clustering terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X IPA 2 yang berjumlah 33 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal berbentuk esai berjumlah 5 soal dan telah tervalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 14,55 dan kelas kontrol sebesar 12,91. Analisis data dilakukan dengan tekhnik statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis dipeoleh nilai thitung = 6,75. Nilai ttabel = t(0,05)(64) = 1,67 pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 33 + 33 -2 = 64. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga H1 diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan teknik clustering terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu.
?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128063
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item