ULFIANA (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Di Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembela</span><span lang="EN-US" xss=removed>jaran <em xss=removed>Problem Based Learning </em>(PBL) b</span><span xss=removed>erbantuan</span><span lang="EN-US" xss=removed> media KIT IPA</span> <span xss=removed>terhadap hasil belajar</span> <span xss=removed>siswa</span><span lang="EN-US" xss=removed> pada materi hidrokarbon di kelas XI IPA</span><span xss=removed> SMA Negeri </span><span lang="EN-US" xss=removed>6 </span><span xss=removed>Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen dengan desain</span> <em xss=removed><span xss=removed>Altenative Treatment Post-Test-Only with nonequivalent Groups Design</span></em><em xss=removed><span xss=removed>.</span></em><span xss=removed> Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik <em xss=removed>purposive sampling</em> dengan sampel terdiri dari kelas XI </span><span lang="EN-US" xss=removed>IPA</span><span xss=removed> 4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI </span><span lang="EN-US" xss=removed>IPA</span><span xss=removed> 2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar,</span><span lang="EN-US" xss=removed> RPP, </span><span xss=removed>dan lembar observasi yang telah divalidasi secara teori dan empirik. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis uji-t </span><span lang="EN-US" xss=removed>dua</span><span xss=removed> (</span><span lang="EN-US" xss=removed>dua pihak</span><span xss=removed>) dengan uji prasyarat: uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis Uji-t (dua pihak). Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil penelitian, diperoleh nilai hasil belajar siswa<span xss=removed>Â </span>pada <em xss=removed>posttest </em>nilai rata-rata kelas eksperimen I yaitu 6</span><span lang="EN-US" xss=removed>5,7</span><span xss=removed> dan untuk kelas eksperimen II yaitu 5</span><span lang="EN-US" xss=removed>9</span><span xss=removed>,9 sedangkan untuk standar deviasinya masing-masing </span><span lang="EN-US" xss=removed>10,4</span><span xss=removed> dan </span><span lang="EN-US" xss=removed>9,7</span><span xss=removed>. Hasil pengujian statistik dari pengujian hipotesis didapatkan harga t<sub>hitung</sub> > t<sub>tabel </sub><span xss=removed>Â </span>atau </span><span lang="EN-US" xss=removed>2,60</span><span xss=removed> > 1,7</span><span lang="EN-US" xss=removed>0</span><span xss=removed> sehingga H<sub>1</sub> diterima.</span> <span xss=removed>Artinya model pembelajaran </span><em xss=removed><span lang="EN-US" xss=removed>problem based learning</span></em><span xss=removed> berbantuan </span><span lang="EN-US" xss=removed><span xss=removed>Â </span>media KIT IPA </span><span xss=removed>berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 6 Palu.</span></p>
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128069 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |