PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU

IRNAWATI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Irnawati, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu.
Pembimbing: Mestawaty

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol preetest-postest. Penelitian dilakukan pada dua kelompok: Kelas VII A (n=27) sebagai kelas eksperimen dan VII B (n=27) sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan aplikasi SPSS Uji independent sample T-tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh nilai sig 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,005. Artinya terdapat pengaruh yang signifikansi antara hasil keterampilan berpikir krtis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu.

Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128075
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item