NI MADE RIAWATI (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN Inpres 1 Birobuli. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Inpres
1 Birobuli. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan metode eksperimen. Desain penelitian ini yaitu quasi experimental.
Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non equivalent control
group design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Inpres 1 Birobuli sebanyak
52 orang siswa, kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak
26 orang siswa dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa
sebanyak 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner
yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar IPA yang telah diuji validitas
dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas
dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independent
sample t-test yang dianalisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 25.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 <
nilai alfa 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan
menolak Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas
IV di SDN Inpres 1 Birobuli.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128076 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |