PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) DI SMPN 4 PALU

RIFAN ABD BASIR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) DI SMPN 4 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Biologi) di SMP Negeri 4 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), dengan menggunakan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa 347. Sampel penelitian adalah kelas VIII C yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas VIII B yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis independent sample t test dengan bantuan aplikasi SPSS windows versi 25. Hasil analisis data yang diperoleh nilai sig. (2/tailed) yaitu 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Biologi) di SMP Negeri 4 Palu.
Kata kunci: Model Project Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128085
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item