RINAWANTI (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Motivasi Belajar Murid Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres 3 Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
RINAWANTI, 2024, "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi Belajar Murid Kelas V Mata Pelajaran IPS di SD Inpres 3 tondo Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas tadulako. Pembimbing Nurul Fitriah Aras.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis project based learning terhadap motivasi belajar murid kelas V di SD Inpres 3 Tondo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Pada penelitian ini, sampel yaitu kelas V SD Inpres 3 Tondo Va dan Vb Instrumen penelitian angket motivasi belajar dan angket PjBL lembar observasi guru dan murid. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji statistisk non parametrik teknik Uji U Man Whitney dan berdasarkan perhitungan posttest kelas kontrol dan eksperimen diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.046 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima maka rata-rata motivasi belajar IPS murid pada kelas eksperimen berbeda dengan rata-rata motivasi belajar IPS murid pada kelas kontrol dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis project terhadap motivasi belajar IPS murid kelas V SD Inpres 3 Tondo.
Kata Kunci: Project Based Learning (PJBL), Motivasi Belajar, Mata
Pelajaran IPS Murid SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128086 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |