PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTION, AND ANSWER (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MAT PELAJARAN IPA DI SMPN 15 PALU

NUR FITRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTION, AND ANSWER (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MAT PELAJARAN IPA DI SMPN 15 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Pembelajaran Reading, Question and Answer (RQA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 15 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan membentuk dua kelompok subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Groups Design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan instrumen penelitian menggunakan tes tertulis pilihan ganda. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Jenis data dalam penelitian berupa data primer yang didapatkan dari hasil pengisian pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (Uji t). Data perolehan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 80,16 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,31. Hasil analisis data penelitian dengan uji t yang berbantuan aplikasi SPSS versi 25 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh model pembelajaran RQA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 15 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128091
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item