PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Palu

ANGGRIANI ZH KOLOSAI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggriani Zh.Kolosai, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament
dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas IX IPS di SMA Negeri 1 Palu.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Skripsi: Bapak
Charles Kapile, M.Hum
Penelitian ini bertujuan untuk membahas apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah
siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Quasy Experimental Design yang terdiri dari desain prestest dan
posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1
Palu yang berjumlah 179 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas IX IPS 1 sebagai
kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas IX IPS 4 sebagai kelas kontrol berjumlah
36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu
menggunakan pretest dan posttest berupa pilihan ganda sebanyak 23 butir soal yang telah
diuji validasikan di kelas IX IPA 6. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis deskriptif data yang meliputi tabel distribusi frekuensi, mencari nilai
mean, median, dan modus. Serta disajikan dengan histogram frekuensi, kemudian untuk
menguji hipotesis dengan menggunakan Korelasi Product Moment. Dengan
menggunakan perangkat lunak Statistical Product and System Solution (SPSS) versi 26.
Hasil rekapitulasi data Pada nilai posttest (akhir) kelas kontrol dengan nilai Mean (rata-
rata) sebesar 68, Median (nilai tengah) sebesar 67, dan nilai Modus yaitu 73. Dan pada
nilai posttest (akhir) kelas eksperimen dengan nilai Mean (nilai rata-rata) sebesar 82,42,
Median (nilai tengah) sebesar 82, dan nilai Modus yaitu 78. Selanjutnya melakukan uji
hipotesis dengan diperoleh nilai sebesar signifikan = 0,000 yang artinya nilai signifikan
< 0 xss=removed xss=removed xss=removed> ttabel dan diperoleh 6,233 > 1,995 maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian, menerima Ha terdapat pengaruh model Team Games
Tournament (TGT) terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Palu,
dan menolak H0 tidak adanya pengaruh model pembelajaran team games tournament
(TGT) terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Palu. maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Sejarah siswa kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan siswa kelas
kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pengaruh, Team Games Tournament (TGT), Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128103
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item