PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XII MIA SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA

PUTRI NINGSI A. PANONTJI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XII MIA SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning dengan media pembelajaran video animasi terhadap
keterampilan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik. Populasi dalam
penelitan yaitu seluruh peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 1 Dampal Utara.
Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XII MIA 1 berjumlah 29 orang dan XII
MIA 2 berjumlah 27 orang, sehingga total sampel adalah berjumlah 56 orang.
Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian
menggunakan pretest-postest Control Group Design. Data keterampilan komunikasi
sains diperoleh menggunakan lembar penilaian observasi dan data keterampilan
berpikir kreatif diperoleh melalui nilai pretest dan posttest. Data hasil penelitian
menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiki keterampilan komunikasi sains secara
lisan memiliki nilai rata-rata 71?ngan kategori Cukup, sedangkan pada
keterampilan komunikasi sains secara tertulis memperoleh nilai 80?ngan kategori
Baik. Hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif menunjukkan nilai effect size
kelas eksperimen sebesar 12,11 dan nilai effect size kelas kontrol sebesar 15,75,
dengan kriteria effect size sangat besar baik di kelas eksperimen maupun kelas
kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan hasil pengujian paired-sampel t-Tes,
untuk kelas eksperimen diperoleh nilai sig (?) 0,001< 0,05, untuk kelas kontrol
diperoleh nilai jika sig (?) 0,001 < 0,05. Sehingga H0 ditolak yang menyatakan
bahwa (1) model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media
video animasi berpengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi sains peserta
didik pada materi polimer; (2) Penerapan model pembelajaran problem based
learning dengan menggunakan media video animasi berpengaruh positif terhadap
keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi polimer

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128118
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item