PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POLA LESSON STUDY (LS) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMAN 5 PALU

TRI WIRANTI (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POLA LESSON STUDY (LS) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMAN 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Tri Wiranti, 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pola Lesson Study (LS) Terhadap Kualitas Pembelajaran Kimia Di Kelas X SMAN 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I) Suherman, (II) Ratman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) menggunakan pola Lesson Study (LS) terhadap kualitas pembelajaran kimia di kelas X SMAN 5 Palu. Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang berusaha menerapkan masalah sebagai sebuah konteks bagi para siswa dalam berlatih bagaimana cara berfikir kritis. Lesson Study (LS) bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 5 Palu yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol.
Hasil analisis data diperoleh, nilai rata-rata ( ) kelas ekperimen adalah 74,31 dan ( ) kelas kontrol adalah 70,87. Nilai rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut 56.51%, dan 56.66% dikategorikan cukup aktif. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji regresi diperoleh –ttabel¬< thitung> +ttabel (thitung = 2,469 dan ttabel = 2.042) dengan taraf signifikansi ? = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima berdasarkan hasil analisis data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL menggunakan pola LS terhadap kualitas pembelajaran kimia di kelas X SMAN 5 Palu

Kata Kunci: Problem Based Learning, Lesson Study, Hasil belajar, Aktivitas, Struktur atom

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128122
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item