PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SMP NEGERI 3 BALINGGI

NI NYOMAN SRI INDAH (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SMP NEGERI 3 BALINGGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ni Nyoman Sri Indah, 2023. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Smp Negeri 3 Balinggi”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nuraedah, S.Pd., M.Pd

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMP Negeri 3 Balinggi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMP Negeri 3 Balinggi. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan 2 kelompok belajar yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Balinggi, sampel penelitian ini adalah VIII A dan VIIIB. Teknik penarikan sampel salam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa Tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Validasi Ahli. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh data rata-rata hasil belajar Pre-Test 15,20 Dan Post-Test 17,88. Sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh data rata-rata hasil belajar Pre-Test 13,56 Dan Post-Test 17,12. Berdasarkan Uji Hipotesis menggunakan Uji Independent Sample t Test diketahui bahwa nilai Sig (2 tailed) yaitu 0,023<0,05, sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis maka H1 diterima (ada pengaruh) dan H0 ditolak (tidak ada pengaruh). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS bagi siswa yang menerapkan model Problem Based Learning, dengan yang tidak menerapkan model Problem Based Learning. Jadi, dalam penelitian ini terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMP Negeri 3 Balinggi.
Kata Kunci: Pengaruh, Hasil Belajar, IPS, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128124
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item