PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 TOMINI

FATNI SARI (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 TOMINI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Fatni Sari, 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tomini. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Dr. Lilies Tangge M.P.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA Biologi terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tomini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel terdiri 52 siswa dari kelas VII A dan VIII B. Jenis Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Desing. Instrumen tes penelitian yang digunakan adalah tes soal essai terdiri dari 48 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata Pretest adalah 75,41 dan posttest adalah 77.86. Analisis data pengujian hipotesis menggunkan uji-t. Dari hasil uji statistik diperoleh bahwa hasil belajar siswa menggunakan model PBL nilai Sig. (2 tailed) 0.000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA Biologi terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tomini.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128127
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item