PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 TOMINI

RIRIN OKTAVIANI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 TOMINI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ririn Oktaviani, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VIII SMP N 1
Tomini”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako, Palu Pembimbing (I) Gamar Binti Non Shamdas (2) Mursito
S. Bialangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem
based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA pada siswa kelas
VIII SMP N 1 Tomini dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa
kelas VIII SMP N 1 Tomini ditinjau dari setiap indikator kemampuan pemecahan
masalah yang diamati. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental
dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif atau mixed methods. Populasi pada
penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Tomini yang berjumlah 171 orang
yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa terdiri dari 29
siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIII D sebagai
kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.
Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta
lembar tes. Teknik analisis data untuk analisis data kuantitatif pada uji hipotesis
adalah uji independent sample t test dan analisis data kualitatif untuk menganalisis
keseluruhan skor dari masing-masing indikator yang diamati. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0,002<0,05. Artinya terdapat
pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah IPA pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tomini. Berdasarkan hasil
tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata
78,10 dengan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah berkategori
sangat tinggi adalah 11 siswa (38%), kategori tinggi 15 siswa (51,7%), kategori
sedang 3 siswa (10,3%). Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 67,59 dengan
kemampuan pemecahan masalah berkategori sangat tinggi adalah 5 siswa (17,2%),
kategori tinggi 16 siswa (55,1%), kategori sedang 8 siswa (27,5%). Hasil analisis
kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari setiap indikator yang diamati adalah
kelas eksperimen mencapai kisaran persentase dari 72,4% sampai 84,4?rada
pada kriteria tinggi- sangat tinggi sedangkan kelas kontrol mencapai kisaran 55,1%
sampai 73,2?rada pada kriteria sedang-tinggi.
Kata kunci: Model pembelajaran, Problem based learning, Kemampuan
pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128133
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item