PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALU

MOH ILHAM B SALEH (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Moh. Ilham B. Saleh, 2023. Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Wayan Darmadi, S.Si., M.Pd

Kata Kunci: Problem-Based Learning, Pemahaman Konsep.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem-Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain the equivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 5 Palu dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 2 (n = 24 sebagai kelas eksperimen ) dan kelas X MIPA1 (n = 27 sebagai kelas kontrol). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model PBL dan kelas kontrol kelas control menggunakan model pembelajaran langsung. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen adalah 11,22 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 8,80. Nilai signifikansi hasil uji hipotesis diperoleh lebih kecil dibandingkan dengan nilai ? atau 0,040 < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128134
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item