ABDUR RAHMAN (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 21 BULUBONGGU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Abdur Rahman, A20218018. Pengaruh Model Project Based Learning
terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP
Negeri 21 Bulubonggu. Pembimbing Utama Tahril, Pembimbing Anggota Purnama
Ningsih.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan model project
based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA peserta
didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental)
menggunakan tipe counter balanced design dengan desain penelitian Post-test Only
Control Design yang dilaksanakan dalam dua sesi penelitian. Populasi penelitian
adalah peserta didik Kelas VII SMP Negeri 21 Bulubonggu. Teknik pengambilan
sampel dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIIb sebanyak 20 peserta
didik sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIb sebanyak 20 peserta didik sebagai
kelas eksperimen 2. Hasil penelitian pada sesi pertama nilai keterampilan proses
sains peserta didik kelas eksperimen 1 rata-rata sebesar 56,40, kelas eksperimen 2
sebesar 37,95, sedangkan nilai hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1
diperoleh rata-rata sebesar 70,00, kelas eksperimen 2 rata-rata 54,50. Hasil uji
parametrik indipendent-sample T test keterampilan proses sains diperoleh sig =
0,001 dan hasil belajar diperoleh sig = 0.000 sehingga H0 ditolak, artinya ada
pengaruh model projectbased learning terhadap keterampilan proses sains peserta
didik. Sesi kedua nilai keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen 1
diperoleh rata-rata sebesar 60,60, kelas eksperimen 2 sebesar 72,80, dan hasil
belajar peserta didik kelas eksperimen 1 diperoleh rata-rata sebesar 62,00, kelas
eksperimen 2 sebesar 74,00. Hasil uji parametrik indipendent-sample T test
keterampilan proses sains diperoleh sig = 0,043, hasil belajar diperoleh sig = 0.042
sehingga H0 ditolak, artinya ada pengaruh model project based learning terhadap
hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Model project based learning, model konvensional, keterampilan
proses sains, hasil belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128140 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |