PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGATA TORO TERHADAP LITERASI EKOLOGI DI SMA NEGERI 5 SIGI

SAFIRAH NUR ALYA (2024) PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGATA TORO TERHADAP LITERASI EKOLOGI DI SMA NEGERI 5 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Safirah Nur Alya, 2024. “Pengaruh Modul Pembelajaran Sumber Daya Alam
Berbasis Kearifan Lokal Ngata Toro Terhadap Literasi Ekologi Di SMA Negeri 5
Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Krguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing Rendra Zainal Maliki, S.Pd.,M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran sumber
daya alam berbasis kearifan lokal Ngata Toro terhadap literasi ekologi di SMA
Negeri 5 Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berbentuk
eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain penelitian untreated control
group design with dependent pretest and posstest samples. Populasi yang digunakan
yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI IPS 2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol, keseluruhan populasi yaitu
58 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis sebanyak 20
nomor (PG). Hasil penelitian melalui perhitungan hipotesis (uji t) dengan
menggunakan program IBM SPSS versi 27 menunjukkan bahwa berdasarkan nilai
rata-rata yang diterima yaitu posttest kelas eksperimen 79.17 dan posttest kelas
kontrol 60.18, dan nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh yaitu 0.001 dan artinya lebih
kecil dari 0.05 (Sig.0.001<0.05) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat
disimpulkan berdasarkan hasil uji data diketahui terdapat pengaruh modul
pembelajaran sumber daya alam berbasis kearifan lokal Ngata Toro terhadap literasi
ekologi di SMA Negeri 5 Sigi.
Kata Kunci: Modul, Materi Sumber Daya Alam, Literasi Ekologi

Safirah Nur Alya, 2024. "The Effect Of Natural Resources Learning Module Based
On Ngata Toro Local Wisdom On Ecological Literacy In Public High School 5
Sigi". Thesis. Geography Education Study Program, Department of Social Science
Education, Faculty of Vocational and Education Sciences, Tadulako University,
Supervisor Rendra Zainal Maliki, S.Pd., M.Pd.

This study aims to determine the effect of Ngata Toro local wisdom-based natural
resources learning module on ecological literacy at SMA Negeri 5 Sigi. This
research is a quantitative study in the form of a quasi experiment with a research
design untreated control group design with dependent pretest and posstest samples.
The population used is XI IPS 1 class with 30 students as the experimental class
and XI IPS 2 class with 28 students as the control class, the total population is 58
people. The research instrument used was a written test of 20 numbers (PG). The
results of the study through hypothesis calculation (t test) using the IBM SPSS
version 27 program show that based on the average value received, the experimental
class posttest is 79.17 and the control class posttest is 60.18, and the Sig. (2-tailed)
value obtained is 0.001 and means less than 0.05 (Sig.0.001<0.05) meaning that HO
is rejected and Ha is accepted. It can be concluded based on the results of the data
test that there is an effect of the Ngata Toro local wisdom-based natural resource
learning module on ecological literacy at SMA Negeri 5 Sigi.
Keywords: Module, Natural Resources Material, Ecological Literacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128159
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item