MOHAMAD FIKRI (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh
positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa
kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu (2) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh
positif yang signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas
XII IPA SMA Negeri 7 Palu (3) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif
yang signifikan motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini merupakan
penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII
IPA SMA Negeri 7 Palu pada tahun ajaran tahun 2022/2023 yang berjumlah 177
orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel
sebanyak 92 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket motivasi belajar,
angket regulasi diri, dan tes prestasi belajar matematika siswa. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji
multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan ganda, uji F dan
uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian
berdistribusi normal, masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat bersifat
linier, tidak terjadi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak
terdapat gejala autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada taraf
signifikansi 5% (1) nilai sig (0,000) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu sebesar 19,3% (2) nilai
sig (0,000) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa
kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu sebesar 25,7% (3) nilai sig (0,000) < (0,05) maka
H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi
belajar dan regulasi diri siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu sebesar 32,9%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Regulasi Diri, Prestasi Belajar Matematika Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128175 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |