PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM DENGAN MENGGUNAKAN BIJI KELOR (Moringa Oleifera) DAN KARBON AKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

WINDI GALUH KARTIKA (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM DENGAN MENGGUNAKAN BIJI KELOR (Moringa Oleifera) DAN KARBON AKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Windi Galuh Kartika, 2023. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM dengan Menggunakan Biji Kelor (Moringa oleifera) dan Karbon Aktif terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sahrul Saehana, M.Si.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan menggunakan biji kelor dan karbon aktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi teknologi ramah lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Alkhairaat Mepanga. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sumpling dengan sampel penelitian adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep siswa berupa tes pilihan ganda beralasan. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan thitung > ttabel pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = 49. Dari daftar distribusi t diperoleh ttabel =1,67 sedangkan thitung = 2,90. Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan menggunakan biji kelor dan karbon aktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi teknologi ramah lingkungan.

Kata Kunci: Pendekatan STEM, Biji Kelor, Karbon Aktif, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128485
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item