PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 KALUKUBULA DI MASA PANDEMIC COVID 19

ISRANUR (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 KALUKUBULA DI MASA PANDEMIC COVID 19. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Isranur. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV
SDN 2 Kalukubula di Masa Pandemi Covid 19. Hasil, Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Herlina
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada
hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Kalukubula di masa pandemi Covid 19.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan
eksperimen dengan menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain “
Nonequivalent Control Group Design”. Subyek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Kelas IV SDN 2 Kalukubula dengan jumlah total 27 orang siswa
yang terdiri dari 2 kelompok, kelompok eksperimen yang menggunakan
pembelajaran daring sebagai kelompok A dan kelompok kontrol yang
menggunakan pembelajaran tatap muka sebagai kelompok B. Instrumen yang
digunakan berupa tes hasil belajar tematik tema 4 dalam bentuk pilihan ganda.
Hasil pengolahan data kelompok eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest
sebesar 68,3 dengan standar deviasi 12,64 dan skor rata-rata posstest sebesar 79,8
dengan standar deviasi 11,5. Sedangkan kelompok kontrol diperoleh skor rata-rata
pretest sebesar 73,0 dengan standar deviasi 17,80 dan skor rata-rata posttest
sebesar 72,2 dengan standar deviasi 16,3. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis
diperoleh nilai thitung adalah 2,4 dan nilai ttabel adalah 2,06 dengan jumlah sampel
27 siswa. Kedua nilai tersebut diketahui bahwa nilai thitung> nilai ttabel pada taraf
nyata ? = 0,05 dan derajat kebebasan = 25. Dengan demikian disimpulkan bahwa
terdapat Pengaruh Pembelajaran Daring pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2
Kalukubula di Masa Pandemi Covid 19.
Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128491
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item