PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP DI KELAS IV SDN 3 BANAWA SELATAN

DARWIN (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP DI KELAS IV SDN 3 BANAWA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Darwin 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar SBdp di kelas
IV SDN 3 Banawa Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Yun Ratna.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dengan
pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdp di kelas
IV SDN 3 Banawa Selatan sehingga tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran daring terhadap hasil belajar SBdp. Subjek dalam penelitian ini terdiri
dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan metode
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan peneliti
menunjukan bahwa ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar SBdp di
kelas IV SDN 3 Banawa Selatan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan
yang telah dilakukan, diperoleh nilai t hitung sebesar 1.729 dan dikonsultasikan pada
tabel distribusi t dengan ? 5% atau 0,05 dan n = 20, maka db n – 1 atau 20 – 1 = 19
sehingga yang mengartikan ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar
SBdp di kelas IV SDN 3 Banawa selatan.
Hasil pre-test dan post-test menunjukan terjadi perubahan yang signifikan
yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM 75 pada mata
pelajaran SBdp karena, dari hasil pre-test siswa yang mencapai nilai ketuntasan
hanya 6 orang siswa atau 30?n yang memperoleh nilai tidak tuntas sebanyak 14
orang siswa atau 70%. Sedangkan apabila melihat dari hasil post-test banyak siswa
yang mencapai nilai ketuntasan yaitu 16 orang siswa atau 80%, sedangkan yang
memperoleh nilai tidak tuntas yaitu 4 orang siswa atau 20% siswa.
Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128496
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item