Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri Alberta Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Labschool Untad Palu

ANIK ROSILAWATI (2020) Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri Alberta Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Labschool Untad Palu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Anik Rosilawati, 2020. “Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri Alberta terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Labschool Untad Palu”. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains Program Magister. Pascasarjana Univesitas Tadulako, Pembimbing (1) Lilies N. Tangge (2) H. Achmad Ramadhan.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa adalah strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran yang tepat akan mendorong siswa agar memiliki kemampuan aktif untuk mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan dalam memahami suatu topik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pembelajaran model inkuiri Alberta terhadap kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa serta mengkaji ada atau tidaknya asosiasi antara kemampuan-kemampuan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool Untad Palu pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design serta cross-sectional design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Labschool Untad Palu dan sebagai sampel dipilih siswa dari dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan literasi sains, skala kemandirian belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran model inkuiri Alberta berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP Labschool Untad Palu; (2) pembelajaran model inkuiri Alberta berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa SMP Labschool Untad Palu; dan (3) terdapat asosiasi antara kemampuan literasi sains dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri Alberta di SMP Labschool Untad Palu.

Kata Kunci: model inkuiri Alberta, literasi sains, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128512
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item