PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT DAN PERHATIAN BELAJAR SISWA TENTANG BIOLOGI DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 BUNTA

SITI KHALIMATUS SAKDIYAH (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT DAN PERHATIAN BELAJAR SISWA TENTANG BIOLOGI DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 BUNTA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa tentang biologi dalam masa pandemi COVID-19 di SMAN 2 Bunta. (2) Pengaruh pembelajaran online terhadap perhatian belajar siswa tentang biologi dalam masa pandemi COVID-19 di SMAN 2 Bunta. (3) Pengaruh minat belajar terhadap perhatian belajar siswa SMAN2 Bunta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kluster random sampling kuota. Sampel penelitian ini berjumlah 86 siswa. Data diperoleh melalui pengisian kuisioner oleh siswa. Uji yang dilakukan yaitu uji t, analisis hubungan (R), besarnya pengaruh (R adj. Square), dan kekuatan hubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran online berpengaruh terhadap minat belajar siswa SMAN 2 Bunta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Adj. Square sebesar 0,271 (27,1%). Artinya, varibel minat belajar dipengaruhi oleh variabel pembelajaran online sebesar 27,1%. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar adalah rendah. (2) Pembelajaran online berpengaruh terhadap perhatian belajar siswa SMAN 2 Bunta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Adj. Square sebesar 0,587 (58,7%). Artinya, varibel perhatian belajar dipengaruhi oleh variabel pembelajaran online sebesar 58,7%. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran online terhadap perhatian belajar adalah sedang. (3) Minat belajar berpengaruh terhadap perhatian belajar siswa SMAN 2 Bunta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Adj. Square sebesar 0,484 (48,4%). Artinya, varibel perhatian belajar dipengaruhi oleh variabel minat belajar sebesar 48,4%. Adapun besarnya pengaruh hubungan minat belajar terhadap perhatian belajar adalah sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128515
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item