Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik SMP NEGERI 2 LORE TENGAH

CINDY SEPTIANINGSI SAMBA (2022) Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik SMP NEGERI 2 LORE TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Loro Tengah pada materi tata surya.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain equivalen pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essay dengan jumlah 10 soal. Pada kelas eksperimen digunakan pembelajaran quantum teaching dan pada kelas kontrol digunakan model pembelajaran konvensional (discovery learning). Dari hasil pengolahan data,pada pretest untuk kelas eksperimen diperoleh skor dengan rata-rata 9.77 dan standar deviasi 6,05. untuk kelas kontrol diperoleh skor dengan rata-rata 9,40 dan standar deviasi 5,43.Pada posstest kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata 21,68 dan standar deviasi 5,8. Untuk kelas kontrol diperoleh skor rata-rata 19,18 dan standar deviasi 5,4. Analisis dan tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor hasil belajar dengan taraf signifikan a=0,05. NilaiN-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen,perolehan rata-rata skor pretest dari 9,77 meningkat menjadi 21,77 pada saat posttest dengan hasil uji gain 0,41. Pada kelas kontrol presentase rata-rata perolehan skor pada saatpretest 9,41 meningkat menjadi 19,18 pada saat posstest dengan hasil ijo gain 0,33. Menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran quantum teacher lebih besar dari kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Selain itu, dapat dibuktikan dari hasil uji hopotesis dengan t_hitung 1,83 sedangkan t_tabel 1,68 (berarti H1 diterima dan H0 ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128519
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item