PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B3 TK PERTIWI PROVINSI SULAWESI TENGAH KOTA PALU

ISRANUR (2023) PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B3 TK PERTIWI PROVINSI SULAWESI TENGAH KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Isranur (2022), Pengaruh Pemberian Motivasi Terhadap Minat Belajar Anak Di Kelompok B3 TK Pertiwi Provinsi Sulawesi Tengah Kota Palu, skripsi, Program Studi S1 PG PAUD.Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih, Pembimbing (II) Sita Awalunisah, Penguji Utama I Puti Suwika.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar pada beberapa anak yang berada dalam kategori rendah (R). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi melalui pemberian hadiah berupa pujian, pengakuan, dan memberi bintang dapat meningkatkan minat belajar anak di kelompok B3 TK Pertiwi Provinsi Sulawesi Tengah Kota Palu. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun subjek penelitian melibatkan 15 orang anak terdiri dari 12 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil pengamatan minat belajar anak sebelum perlakuan pada aspek kesukaan mengikuti pembelajaran terdapat 26,66% (4 anak) kategori R. Aspek ketertarikan mengikuti pembelajaran terdapat 26,67% (4 anak) kategori R. Dan aspek keterlibatan mengikuti pembelajaran terdapat 46,67% (7 anak) kategori R. Setelah diberikan perlakuan diperoleh hasil data rekapitulasi menunjukan bahwa ada pengaruh pemberian motivasi terhadap peningkatan minat belajar anak pada aspek kesukaan mengikuti pembelajaran terdapat 33,33% (5 anak) kategori ST, 53,33% (8 anak) kategori T, 13,34% (2 anak) kategori S, dan 0% (tidak ada) kategori R. Aspek ketertarikan mengikuti pembelajaran 33,33% (5 anak) kategori ST, 40,00% (6 anak) kategori T, 20,00% (3 anak kategori S, dan 6,67% (1 anak) kategori R. Aspek keterlibatan mengikuti pembelajaran terdapat 33,33% (5 anak) kategori ST, 46,66% (7 anak) kategori T, 13,34% (2 anak) kategori S, dan 6,67% (1 anak) kategori R. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian motivasi melalui pemberian hadiah berupa pujian, pengakuan, dan memberi bintang dapat meningkatkan minat belajar anak di kelompok B3 TK Pertiwi Provinsi Sulawesi Tengah Kota Palu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/128710
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item