SITI NURHASANA (2024) PENGARUH PENANAMAN KEARIFAN LOKAL SUKU KAILI DENGAN PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA 5-6 DI KELOMPOK B TK KEMALA BAYANGKARI 01 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penanaman
kearifan lokal suku kaili terhadap pengembangan nilai-nilai karakter anak di
Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Palu. Subjek penelitian berjumlah
16 anak yang berasal dari Kelompok B. Metode yang digunakan adalah kuantitatif
dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan observasi
pembelajaran kearifan lokal dan pengamatan langsung terhadap perkembangan
nilai-nilai karakter anak. Dari hasil pengamatan sebelum perlakuan tidak terdapat
anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik, terdapat 12,5% anak dalam kategori
Berkembang Sesuai Harapan, terdapat 31,25% anak dalam kategori Mulai
Berkembang, dan terdapat 56,25% anak dalam kategori Belum Berkembang.
Kemudian dari hasil pengamatan sesudah perlakuan terdapat 18,75% anak dalam
kategori Berkembang Sangat Baik, terdapat 37,5% anak dalam kategori
Berkembang Sesuai Harapan, terdapat 25% anak dalam kategori Mulai
Berkembang, dan terdapat 18,55% anak kategori Belum Berkembang. Berdasarkan
analisis data paired samples test yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung sebesar
7.408 pada uji t sehingga nilai thitung > ttabel(7.408 > 1.76131) dan nilai signifikansi
< alpha (0.000 < 0.05), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima,
artinya dapat disimpulkan bahwa penanaman kearifan lokal kaili mempunyai
pengaruh secara signifikan terhadap pengembangan nilai karakter anak di
Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Palu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129003 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |