PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE TOBATA

PUPUT ANDRIANI (2021) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE TOBATA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Puput Andriani, 2021. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muhammad Ali (2) Muhammad Jarnawi.
Kata Kunci: Science, Technology, Engineering, and Mathematics, Hasil Belajar Fisika Siswa

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics terhadap hasil belajar fisika siswa kelas SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain The Non equivalen, Pretest-postest Design. Sampel dari penelitian ini diambil dari 2 kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics dan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 15,95 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 12,25. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=3,00 dan t_(0,0975(38))=2,024 pada taraf nyata a=0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan pendekatan STEM dengan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindue Tobata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129049
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item