Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Al-Akbar Petobo

ACHSANUL AMAL (2025) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Al-Akbar Petobo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Achsanul Amal, (2024). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistis
terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Al-Akbar Petobo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen
Pembimbing: Nurul Fitriah Aras, S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pendidikan
Matematika Realistis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam
Al-Akbar Petobo. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan jenis
penelitian yaitu pre-experimental design dengan metode one-group pretest-
posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Islam Al-Akbar Petobo
dengan sampel pada penelitian ini berjumlah 17 siswa kelas V SD Islam Al-Akbar
Petobo. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu dengan melakukan kegiatan observasi, kemudian
dilanjutkan dengan tes hasil belajar , dan pengambilan dokumentasi kegiatan.
Data yang dianalisis secara statistik menggunakan perangkat lunak IBM SPSS
Statistic 30.0 untuk mencari tahu pencapaian signifikan sebelum diberikan
perlakuan dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Pendekatan
Pendidikan Matematika Realistis. Dari hasil analisis data maka diperoleh nilai
rata-rata pretest siswa yaitu 49,9 sedangkan setelah diberikan perlakuan kelas
eksperimen selama dua pertemuan, siswa memperoleh nilai rata-rata posttest yaitu
70,5. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test data, ditemukan nilai
signifikan yaitu 0,004, karena nilai signifikan T-test < 0,05 atau 0,004 < 0,05
dengan dilakukan pada taraf signifikan 5% atau 0,05, maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan pendidikan
matematika realistis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam
Al-Akbar Petobo.

Kata Kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika Realistis, Hasil Belajar,
Matematika di SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/129050
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item